1

1

Minggu, 15 Maret 2015

RICE COOKER

      Rice Cooker merupakan salah satu aplikasi hukum termodinamika dalam kehidupan sehati-hari.

            Pada rice cooker, energi panas ini dihasilkan dari energi listrik. Suatu cairan akan menguap bila tekanan uap gas yang berasal dari cairan adalah sama dengan tekanan dari cairan ke sekitarnya (Puap = Pcair). Jadi, titik didih suatu cairan sebenarnya bisa dimanipulasi dengan meningkatkan tekanan di luar cairan (tekanan eksternal). Pada penanak nasi biasa, air akan dididihkan dengan tekanan eksternal biasa, yaitu 101 kPa, dan mendidih pada titik didih biasa, yaitu 100°C (373 K).

            Sementara, pada penanak nasi yang memanipulasi tekanan (pressure cooker, atau electric pressure cooker) jika tutup lubang uapnya dibuka, maka pressure cooker akan bekerja seperti penanak nasi biasa, karena tekanan eksternalnya sama dengan tekanan udara luar.

            Namun, jika tutup lubang uapnya (biasanya berupa katup) ditutup, akan ada perubahan pada tekanan udara di ruang dalam pressure cooker dan titik didih cairan akan berubah. Ketika katupnya ditutup, kondisi sistem berubah karena uap airnya hanya dapat berada di dalam ruang pressure cooker.

Karena ada tambahan massa (tutup katup), tekanan makin tinggi dan titik kesetimbangan antar fase (dalam hal ini, antara fase cair dan fase uap) berubah ke temperatur yang lebih tinggi, dan terbentuklah titik didih baru.

            Massa tutup katup menentukan tekanan di dalam ruang pressure cooker, karena lubang katup akan membiarkan uap air keluar ketika tekanannya telah mencapai titik tertentu. Kelebihan tekanan akan dikurangi dengan melepaskan sedikit uap melalui katup.

 

Prinsip Kerja Pemuaian Pada Rice Cooker

Pada rice cooker terdapat logam bimetal yang mempunyai 2 yg mempunyai koefisien muai berbeda juga.. jika suatu suatu logam jenis A bimetal yang mempunyai koef muai yang lebih rendah dipanaskan maka logam tersebut akan memanjang dengan cara membengkok ke arah logam jenis B yang memiliki koef. muai yang lebih tinggi sehingga rice cooker menyala.. dan sebaliknya apabila suhu diturunkan maka logam akan kembali ke posisi semula dan rice cooker mati.
 

Sumber:
http://brainly.co.id/tugas/198862
http://atmosferku.blogspot.com/2014/10/ada-fisika-loh-di-dalam-rice-cooker.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar